Selasa, 05 Februari 2013

Komponen elektronika yaitu alat yang berbentuk benda dan menjadi bagian yang sangat penting didalam suatu rangkaian elektronika yang bisa bekerja sesuai dengan fungsinya masing masing. Manfaat komponen ini dimulai dari yang menempel langsung pada papan pcb, ccb, protoboard ataupun papan veroboar dengan cara di solder dengan timah atau terdapat pula komponen yang tidak menempel langsung pada papan rangkaian, umpamanya alat penghubung atau kabel.
Komponen elektronika umumnya terdiri dari satu atau lebih bahan-bahan elektronika, yang terdiri dari satu atau beberapa unsur materi dan bila komponen elektronika ini di satukan untuk di pakai sebagai design rangkaian yang di kehendaki bisa berfungsi sesuai dengan fungsi dari masing masing komponen, ada yang di pakai untuk mengatur arus dan tegangan, menyekat arus, meratakan arus, memperkuat sinyal dan ada banyak fungsi dari komponen yang lainnya.
Komponen Elektronika
Daftar Komponen Elektronika di bawah ini merupakan beberapa komponen yang sering digunakan dalam suatu rangkaian elektronik
  • Kapasitor
Kapasitor atau yang biasa kita sebut juga dengan kondensator yaitu alat yang bisa menyimpan energi medan listrik. Cara kerja kapasitor yaitu mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik. satuan dalam kondensator di sebut farad, farad sendiri diambil dari nama penemu kapasitor yakni Michael Faraday. kondensator mempunyai dua kaki dan dua kutub yakni kutub positif dan kutub negatif dan cairan elektrolit yang umumnya berupa tabung.
  • Resistor
Resistor yaitu Komponen Elektronika yang di design untuk menahan arus listrik dengan mengambil tegangan listrik diantara kedua kutub, nilai tegangan dari resistansi adalah berbanding dengan arus yang mengalir menurut hukum ohm. Resistor banyak di pakai sebagai bagian dari jaringan elektronik dan sirkuit elektronik. Komponen resistor di buat dari berbagai macam bahan kawat resistansi. karakteristik dari resistor yaitu resistansi dan daya listrik yang bisa di hantarkan.
  • Transistor
Transistor yaitu alat yang di gunakan sebagai penguat, modulasi sinyal dan berbagai fungsi lainnya. Transistor berperan sebagai kran listrik, dimana arus inputnya ( bjt ) atau fet, di pakai supaya pengaliran listrik amat akurat dari sirkuit sumber listriknya. Transistor adalah Komponen Elektronika yang amat penting didalam dunia elektronik, contoh dari pemakaian transistor yaitu dalam rangkaian analog, rangkaian amplifier ( penguat ) dan juga rangkaian digital. beberapa transistor juga bisa di rangkai sedemikian rupa hingga berperan sebagai logic gate dan memory.
  • Transformator
Transformator atau trafo yaitu komponen elektro magnet yang bisa mengubah arus suatu tegangan dc jadi tegangan ac.
Dioda yaitu komponen aktif yang memiliki dua saluran. Dioda mempunyai dua elektroda aktif dimana arus listrik bisa mengalir. Dioda varikab di pakai sebagai kondensator pengendali tegangan. Manfaat dioda yaitu untuk memudahkan arus mengalir didalam suatu arah dan untuk menahan arus dari arah sebaliknya. Dioda juga bisa di sebut sebagai komponen elektronika dari katub pada transmisi cairan.

sumber: http://komponenelektronika.org/komponen-elektronika.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar